RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan : SMA/MA
Kelas/semester : X /
I ( Ganjil)
Mata pelajaran : MATEMATIKA
Topik :
Sistem Persamaan Dan
Pertidaksamaan Linier
Waktu : 12 jam pelajaran
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Mengamalkan perilaku
(jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong
royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian
yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar,
menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1
|
1.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1.1berdoa sebelum dan setelah proses pembelajaran
sesuai dengan agama yang dianutnya
|
2
|
2.1
Menghayati perilaku disiplin, rasa ingin tahu, sikap percaya diri,
sikap santun, sikap kritis, dan cermat
dalam bekerja menyelesaikan masalah konstektual
|
2.1.1menunjukkan perilaku disiplin dalam proses
pembelajaran
2.1.2menunjukkan
rasa ingin tahu dalam proses pembelajaran
2.1.3
menunjukkan sikap percaya diri dalam proses pembelajaran
2.1.4menunjukkan
sikap santun dalam diskusi atau kegiatan tanya jawab di dalam kelas
2.1.5menunjukkan
sikap kritis dan cermat dalam mengerjakan tugas dalam proses pembelajaran
|
3
|
3.1
Memahami konsep sistem persamaan linear dua dan tiga variabel serta
pertidaksamaan linear dua variabel dan mampu menerapkan berbagai strategi
yang efektif dalam menentukan himpunan penyelesaiannya serta memeriksa
kebenaran jawabannya dalam penyelesaian masalah matematika.
|
3.1.1Menemukan
konsep sistem persamaan linear dua variabel melalui pemecahan masalah
otentik.
3.1.2Menemukan
konsep sistem persamaan linear tiga variabel melalui pemecahan masalah
otentik.
3.1.3Menemukan
konsep sistem pertidaksamaan linear dua variabel melalui pemecahan masalah
otentik.
3.1.4menyelesaikan
sistem persamaan linear dengan berbagai strategi dalam menentukan himpunan
penyelesaiannya.
|
4
|
3.2
Menggunakan SPLDV, SPLTV dan sistem pertidaksamaan linear dua variabel
(SPtLDV) untuk menyajikan masalah kontekstual dan menjelaskan makna tiap
besaran secara lisan maupun tulisan.
|
3.2.1mengidenfikasi
masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan SPLDV, SPLTV, dan
SPtLDV.
3.2.2menjelaskan
makna tiap besaran secara lisan maupun tulisan tentang masalah yang berkaitan
dengan SPLDV, SPLTV, dan SPtLDV.
|
5
|
4.1Membuat
model matematika berupa SPLDV, SPLTV, dan SPtLDV dari situasi nyata dan
matematika, serta menentukan jawab dan menganalisis model sekaligus jawabnya.
|
4.1.1membuat
dan menyelesaikan model matematika berupa SPLDV, SPLTV, dan SPtLDV dari
masalah dalam kehidupan sehari-hari.
|
6
|
4.2Membuat
model matematika berupa persamaan dan pertidaksamaan linear dua variabel yang
melibatkan nilai mutlak dari situasi nyata dan matematika, serta menentukan
jawab dan menganalisis model sekaligus jawabnya.
|
4.2.1membuat
dan menyelesaikan model matematika berupa SPLDV, SPLTV, dan SPtLDV yang
melibatkan nilai mutlak dari masalah dalam kehidupan sehari-hari.
|
Melalui
pembelajaran materi sistem persamaan dan pertidaksamaan linear, siswa
memperoleh pengalaman belajar:
1.
Menjelaskan karakteristik masalah
otentik yang penyelesaiannya terkait dengan model matematika
sebagai SPLDV atau SPLDV;
2.
Merancang
model matematika dari sebuah permasalahan
otentik yang merupakan SPLDV atau
SPLDV;
3.
Menyelesaikan model matematika untuk
memperoleh solusi
permasalahan yang diberikan;
4.
Menginterpretasikan
hasil penyelesaian masalah
yang diberikan;
5.
Menemukan
ciri-ciri SPLDV atau SPLDV dari model
matematika;
6. Menuliskan konsep SPLDV
atau SPLDV berdasarkan
ciri-ciri yang ditemukan dengan bahasanya
sendiri.
D. MATERI PEMBELAJARAN
1. Menemukan Konsep
Sistem Persamaan linear Dua Variabel
2. Menemukan Konsep
Sistem Persamaan linear Tiga Variabel
3. Penyelesaian Sistem
Persamaan Linier
4. Sistem
Pertidaksamaan Linear Dua Variabel
E. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
1.
Pertemuan pertama (2jp) :
Menemukan
Konsep Sistem Persamaan linear Dua Variabel
Model pembelajaran : Problem
Based Learning
Pendekatan pembelajaran : Pendekatan
Saintifik
Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
a. Pendahuluan:
·
Guru memotivasi peserta didik untuk terlibat aktif
dalam pemecahan masalah yang di pilih.
·
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, menjelaskan
logistik yang di perlukan.
|
10 menit
|
b.
Kegiatan inti:
·
Guru memberikan masalah yang berkaitan dengan materi
kepada peserta didik. Dan siswa mengamati
dan mendengarkan maksud penyampaian guru.
·
Siswa merasa tertantang dan mencoba menyelesaikan
masalah yang diberikan guru.
·
Guru membimbing siswa dalam menyelesaikan masalah yang
diberikan.
·
Guru mempersilahkan siswa bertanya jika mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah
yang diberikan.
·
Dari kegiatan tanya jawab dengan guru, siswa mengumpulkan data yang diperlukan
tentang cara menyelesaikan masalah tersebut.
·
Dari data tersebut siswa mengolah informasi, menganalisis data dalam rangka
menemukan suatu pola atau jawaban yang di butuhkan dibawah bimbingan guru.
·
Dibawah bimbingan guru, siswa mempresentasikan atau mengomunikasikan hasil dari
pembahasannya.
|
70 menit
|
c. Penutup:
·
Siswa di minta menyimpulkan tentang sistem persamaan
linear dua variabel di bawah bimbingan guru.
·
Guru menyatakan pembelajaran selesai, dan akan di
lanjutkan hari mendatang.
|
10 menit
|
2.
Pertemuan kedua (2jp) :
Menemukan
Konsep Sistem Persamaan linear Tiga Variabel
Model pembelajaran : Problem
Based Learning
Pendekatan pembelajaran : Pendekatan
Saintifik
Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
a.
Pendahuluan:
·
Guru memotivasi peserta didik untuk terlibat aktif
dalam pemecahan masalah yang di pilih.
·
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, menjelaskan
logistik yang di perlukan.
|
10 menit
|
b. Kegiatan inti:
·
Guru memberikan masalah yang berkaitan dengan materi
kepada peserta didik. Dan siswa mengamati
dan mendengarkan maksud penyampaian guru.
·
Siswa merasa tertantang dan mencoba menyelesaikan
masalah yang diberikan guru.
·
Guru membimbing siswa dalam menyelesaikan masalah yang
diberikan.
·
Guru mempersilahkan siswa bertanya jika mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah
yang diberikan.
·
Dari kegiatan tanya jawab dengan guru, siswa mengumpulkan data yang diperlukan
tentang cara menyelesaikan masalah tersebut.
·
Dari data tersebut siswa mengolah informasi, menganalisis data dalam rangka
menemukan suatu pola atau jawaban yang di butuhkan dibawah bimbingan guru.
·
Dibawah bimbingan guru, siswa mempresentasikan atau mengomunikasikan hasil dari
pembahasannya.
|
70 menit
|
c.
Penutup:
·
Siswa di minta menyimpulkan tentang sistem persamaan
linear tiga variabel di bawah bimbingan guru.
·
Guru menyatakan pembelajaran selesai, dan akan di
lanjutkan hari mendatang.
|
10
menit
|
3.
Pertemuan ketiga (2jp) :
Penyelesaian
Sistem Persamaan Linier
Model pembelajaran :
Problem
Based Learning
Metode pembelajaran : diskusi kelompok,tanya jawab dan presentasi
Pendekatan pembelajaran :
Pendekatan Saintifik
Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
a.
Pendahuluan:
·
Guru memotivasi peserta didik untuk terlibat aktif
dalam pemecahan masalah yang di pilih.
·
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, menjelaskan
logistik yang di perlukan.
|
10
menit
|
b. Kegiatan inti:
·
Guru membagi peserta didik kedalam kelompok-kelompok
diskusi. Dan menjelaskan aturan mainnya.
·
Guru memberikan masalah yang berkaitan dengan materi
kepada setiap kelompok dengan cara acak (tidak dipilih-pilih kelompok mana
mendapatkan materi yang mana). Dan siswa mengamati
dan mendengarkan maksud penyampaian guru.
·
Siswa dalam kelompok mendiskusikan jawaban dari
permasalahan yang diberikan.
·
Guru membimbing kelompok diskusi dalam menyelesaikan
masalah yang diberikan.
·
Guru mempersilahkan kelompok bertanya jika mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah
yang diberikan.
·
Dari kegiatan tanya jawab dengan guru, setiap kelompok mengumpulkan data yang diperlukan
tentang cara menyelesaikan masalah tersebut.
·
Dari data tersebut setiap kelompok mengolah informasi, menganalisis data dalam rangka
menemukan suatu pola atau jawaban yang di butuhkan dibawah bimbingan guru.
·
Dibawah bimbingan guru, perwakilan kelompok yang di
tunjuk guru mempresentasikan atau mengomunikasikan
hasil dari pembahasannya.
|
70
menit
|
c.
Penutup:
·
Siswa di minta menyimpulkan tentang langkah-langkah
menyelesaikan sistem persamaan linear di bawah bimbingan guru.
·
Guru memberikan pekerjaan rumah kepada peserta didik
sebagai alat pemantapan materi yang telah di bahas.
·
Guru menyatakan pembelajaran selesai, dan akan di
lanjutkan hari mendatang.
|
10 menit
|
4.
Pertemuan keempat (2jp) :
Penyelesaian
Sistem Persamaan Linier
Model pembelajaran :
Problem
Based Learning
Metode pembelajaran : diskusi dan tanya jawab.
Pendekatan pembelajaran :
Pendekatan Saintifik
Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
a.
Pendahuluan:
·
Guru memotivasi peserta didik untuk terlibat aktif
dalam pemecahan masalah yang di pilih.
·
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, menjelaskan
logistik yang di perlukan.
|
10
menit
|
b. Kegiatan inti:
·
Guru memberikan masalah yang berkaitan dengan materi
kepada siswa. Dan siswa mengamati
dan mendengarkan maksud penyampaian guru.
·
Siswa mengerjakan dan mencoba mencari jawaban dari
masalah yang diberikan guru.
·
Guru mempersilahkan siswa bertanya jika mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah
yang diberikan.
·
Dari kegiatan tanya jawab dengan guru, siswa mengumpulkan data yang diperlukan
tentang cara menyelesaikan masalah tersebut.
·
Dari data tersebut siswa mengolah informasi, menganalisis data dalam rangka
menemukan suatu pola atau jawaban yang di butuhkan dibawah bimbingan guru.
·
Siswa mengomunikasikan
jawaban dari masalah yang diberikan oleh guru dalam kegiatan diskusi kelas di
bawah bimbingan guru.
|
70
menit
|
c.
Penutup:
·
Guru memberikan tugas kepada peserta didik sebagai alat
pemantapan materi yang telah di bahas.
·
Guru menyatakan pembelajaran selesai, dan akan di
lanjutkan hari mendatang.
|
10
menit
|
1.
Pertemuan kelima (2jp) : Sistem Pertidaksamaan
Linear Dua Variabel
Model
pembelajaran : Problem Based Learning
Metode pembelajaran : diskusi kelompok,tanya jawab dan
presentasi
Pendekatan
pembelajaran : Pendekatan Saintifik
Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
a.
Pendahuluan:
·
Guru memotivasi peserta didik untuk terlibat aktif
dalam pemecahan masalah yang di pilih.
·
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, menjelaskan
logistik yang di perlukan.
|
10
menit
|
b. Kegiatan inti:
·
Guru membagi peserta didik kedalam kelompok-kelompok
diskusi. Dan menjelaskan aturan mainnya.
·
Guru memberikan masalah yang berkaitan dengan materi
kepada setiap kelompok dengan cara acak (tidak dipilih-pilih kelompok mana
mendapatkan materi yang mana). Dan siswa mengamati
dan mendengarkan maksud penyampaian guru.
·
Siswa dalam kelompok mendiskusikan jawaban dari
permasalahan yang diberikan.
·
Guru membimbing kelompok diskusi dalam menyelesaikan
masalah yang diberikan.
·
Guru mempersilahkan kelompok bertanya jika mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah
yang diberikan.
·
Dari kegiatan tanya jawab dengan guru, setiap kelompok mengumpulkan data yang diperlukan
tentang cara menyelesaikan masalah tersebut.
·
Dari data tersebut setiap kelompok mengolah informasi, menganalisis data dalam rangka
menemukan suatu pola atau jawaban yang di butuhkan dibawah bimbingan guru.
·
Dibawah bimbingan guru, perwakilan kelompok yang di
tunjuk guru mempresentasikan atau mengomunikasikan
hasil dari pembahasannya.
|
70
menit
|
c.
Penutup:
·
Siswa di minta menyimpulkan tentang langkah-langkah
menyelesaikan sistem persamaan linear di bawah bimbingan guru.
·
Guru memberikan pekerjaan rumah kepada peserta didik
sebagai alat pemantapan materi yang telah di bahas.
·
Guru menyatakan pembelajaran selesai, dan akan di
lanjutkan hari mendatang.
|
10 menit
|
2.
Pertemuan keenam (2jp) :
Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel
Model
pembelajaran : Problem Based Learning
Metode pembelajaran :
diskusi kelompok, dan game
Pendekatan
pembelajaran : Pendekatan Saintifik
Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
a.
Pendahuluan:
·
Guru memotivasi peserta didik untuk terlibat aktif
dalam pemecahan masalah yang di pilih.
·
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, menjelaskan
logistik yang di perlukan.
|
10
menit
|
b. Kegiatan inti:
·
Guru membagi peserta didik kedalam kelompok-kelompok
diskusi. Dan memberikan soal yang sama jumlahnya pada masing-masing kelompok
dengan tingkatan yang sama. Dan siswa mengamati
dan mendengarkan maksud penyampaian guru.
·
Siswa dalam kelompok mendiskusikan jawaban dari soal
yang diberikan.
·
Guru membimbing kelompok diskusi dalam menyelesaikan soal
yang diberikan.
·
Guru mempersilahkan kelompok bertanya jika mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah
yang diberikan.
·
Dari kegiatan tanya jawab dengan guru, setiap kelompok mengumpulkan data yang diperlukan
tentang cara menyelesaikan masalah tersebut.
·
Dari data tersebut setiap kelompok mengolah informasi, menganalisis data dalam rangka
menemukan suatu pola atau jawaban yang di butuhkan dibawah bimbingan guru.
·
Dibawah bimbingan guru, setiap perwakilan kelompok yang
di tunjuk guru mempresentasikan atau mengomunikasikan
hasil dari pembahasannya, dan jika jawabannya benar diberi poin 10, dan jika
salah 0 poin, sehingga kelompok yang mendapatkan poin tertinggi mendapatkan
nilai tinggi dan apresiasi dari guru.
|
70
menit
|
c.
Penutup:
·
Guru memberikan pekerjaan rumah kepada peserta didik
sebagai alat pemantapan materi yang telah di bahas.
·
Guru menyatakan pembelajaran selesai, dan akan di
lanjutkan hari mendatang.
|
10 menit
|
F. PENILAIAN
1. Teknik penilaian :
tes tertulis, dan pengamatan.
1)
Pertemuan
pertama
2)
Pertemuan
kedua
3)
Pertemuan
ketiga
4)
Pertemuan
keempat
5)
Pertemuan
kelima
6)
Pertemuan
keenam
a. Tes tertulis
a) Selesaikan soal pada uji kompetensi 3.3 dalam buku
matematika kelas x.
b) Selesaikan soal pada uji kompetensi 3.4 dalam buku
matematika kelas x.
b. Pengamatan:
Penilaian sikap (lampiran 1).
G. MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
1. Media/alat :
papan tulis
2. Sumber belajar :
buku matematika kelas x, kementrian pendidikan dan kebudayaan 2013.
Lampiran 1
PENILAIAN SIKAP
|
||||||
TEKNIK PENILAIAN DIRI
|
||||||
Satuan Pendidikan
|
: SMA
|
|||||
Mata Pelajaran
|
: Matematika
|
|||||
Kelas/semester
|
: X
|
|||||
Nama Peserta Didik
|
:
........................
|
|||||
Petunjuk Pengisian
|
||||||
1. Bacalah indikator sikap dengan seksama
|
||||||
2. Berikan penilaian secara jujur denga memberi tanda ceklis pada
kolom disebelahnya dengan skor sbb:
|
||||||
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
|
||||||
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
|
||||||
kadang-kadang tidak
melakukan
|
||||||
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
|
||||||
sering tidak melakukan
|
||||||
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
|
||||||
No
|
Indikator Sikap
|
Skor
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Saya berdoa
sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
|
|||||
2
|
menunjukkan perilaku disiplin dalam proses pembelajaran
|
|||||
3
|
menunjukkan rasa
ingin tahu dalam proses pembelajaran
|
|||||
4
|
menunjukkan sikap percaya diri dalam proses
pembelajaran
|
|||||
5
|
menunjukkan sikap santun dalam diskusi atau kegiatan tanya jawab di
dalam kelas
|
|||||
6
|
menunjukkan sikap kritis dan cermat dalam
mengerjakan tugas dalam proses pembelajaran.
|
|||||
Jumlah
|
||||||
Rata-Rata
|
||||||
...............................................................
|
||||||
Siswa ybs
|
||||||
..........................................................
|
REKAPITULASI PENILAIAN SIKAP
|
|||||||||||
TEKNIK PENILAIAN
DIRI
|
|||||||||||
Satuan Pendidikan
|
: SMA
|
||||||||||
Mata Pelajaran
|
: Matematika
|
||||||||||
Kelas/semester
|
: X
|
||||||||||
No
|
N a m a peserta didik
|
Religius
|
Skor
|
Total Skor
|
Nilai Skala 4
|
||||||
Indikator
|
Indikator Sikap Sosial
|
||||||||||
Berdoa
|
disiplin
|
Rasa ingin tahu
|
Percaya diri
|
Sikap santun
|
Kritis dan cermat
|
||||||
1
|
|||||||||||
2
|
|||||||||||
3
|
|||||||||||
4
|
|||||||||||
5
|
|||||||||||
...
|
|||||||||||
..., ......................, 20..
|
|||||||||||
Guru Mapel
|
|||||||||||
------------------------------------
|
|||||||||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar