Minggu, 13 Desember 2015

RPP kelas X Kurikulum 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 
(RPP)

Satuan pendidikan          :          SMA/MA
Kelas/semester              :          X / I ( Ganjil)
Mata pelajaran               :          MATEMATIKA
Topik                           :          Sistem Persamaan Dan Pertidaksamaan Linier
Waktu                          :           12  jam pelajaran       

      A. KOMPETENSI INTI
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
  2. Mengamalkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.  Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang  ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

   B. KOMPETENSI  DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI        
No
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1
1.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1.1berdoa sebelum dan setelah proses pembelajaran sesuai dengan agama yang dianutnya
2
2.1  Menghayati perilaku disiplin, rasa ingin tahu, sikap percaya diri, sikap santun,  sikap kritis, dan cermat dalam bekerja menyelesaikan masalah konstektual
2.1.1menunjukkan perilaku disiplin dalam proses pembelajaran
2.1.2menunjukkan rasa ingin tahu dalam proses pembelajaran
2.1.3 menunjukkan sikap percaya diri dalam proses pembelajaran
2.1.4menunjukkan sikap santun dalam diskusi atau kegiatan tanya jawab di dalam kelas
2.1.5menunjukkan sikap kritis dan cermat dalam mengerjakan tugas dalam proses pembelajaran
3
3.1 Memahami konsep sistem persamaan linear dua dan tiga variabel serta pertidaksamaan linear dua variabel dan mampu menerapkan berbagai strategi yang efektif dalam menentukan himpunan penyelesaiannya serta memeriksa kebenaran jawabannya dalam penyelesaian masalah matematika.
3.1.1Menemukan konsep sistem persamaan linear dua variabel melalui pemecahan masalah otentik.
3.1.2Menemukan konsep sistem persamaan linear tiga variabel melalui pemecahan masalah otentik.
3.1.3Menemukan konsep sistem pertidaksamaan linear dua variabel melalui pemecahan masalah otentik.
3.1.4menyelesaikan sistem persamaan linear dengan berbagai strategi dalam menentukan himpunan penyelesaiannya.
4
3.2 Menggunakan SPLDV, SPLTV dan sistem pertidaksamaan linear dua variabel (SPtLDV) untuk menyajikan masalah kontekstual dan menjelaskan makna tiap besaran secara lisan maupun tulisan.

3.2.1mengidenfikasi masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan SPLDV, SPLTV, dan SPtLDV.
3.2.2menjelaskan makna tiap besaran secara lisan maupun tulisan tentang masalah yang berkaitan dengan SPLDV, SPLTV, dan SPtLDV.
5
4.1Membuat model matematika berupa SPLDV, SPLTV, dan SPtLDV dari situasi nyata dan matematika, serta menentukan jawab dan menganalisis model sekaligus jawabnya.

4.1.1membuat dan menyelesaikan model matematika berupa SPLDV, SPLTV, dan SPtLDV dari masalah dalam kehidupan sehari-hari.
6
4.2Membuat model matematika berupa persamaan dan pertidaksamaan linear dua variabel yang melibatkan nilai mutlak dari situasi nyata dan matematika, serta menentukan jawab dan menganalisis model sekaligus jawabnya.
4.2.1membuat dan menyelesaikan model matematika berupa SPLDV, SPLTV, dan SPtLDV yang melibatkan nilai mutlak dari masalah dalam kehidupan sehari-hari.

   C.   TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui pembelajaran materi sistem persamaan dan pertidaksamaan linear, siswa memperoleh pengalaman belajar:    
1.       Menjelaskan karakteristik masalah otentik yang penyelesaiannya terkait dengan model matematika sebagai SPLDV atau SPLDV;
2.       Merancang model matematika dari sebuah permasalahan otentik yang merupakan SPLDV atau SPLDV;
3.       Menyelesaikan model matematika untuk memperoleh solusi permasalahan yang diberikan;
4.       Menginterpretasikan hasil penyelesaian masalah yang diberikan;
5.       Menemukan ciri-ciri SPLDV atau SPLDV dari model matematika;
6.      Menuliskan konsep SPLDV atau SPLDV berdasarkan ciri-ciri yang ditemukan dengan bahasanya sendiri.           
                                                                                                                                                          
        D. MATERI PEMBELAJARAN
1.      Menemukan Konsep Sistem Persamaan linear Dua Variabel
 




2.  Menemukan Konsep Sistem Persamaan linear Tiga Variabel


3.   Penyelesaian Sistem Persamaan Linier

4.  Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel

        E.  KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.         Pertemuan pertama (2jp)   : Menemukan Konsep Sistem Persamaan linear Dua Variabel
Model pembelajaran          : Problem Based Learning
Pendekatan pembelajaran : Pendekatan Saintifik

Kegiatan
Alokasi waktu
a.       Pendahuluan:
·      Guru memotivasi peserta didik untuk terlibat aktif dalam pemecahan masalah yang di pilih.
·      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, menjelaskan logistik yang di perlukan.
10 menit
b.        Kegiatan inti:
·         Guru memberikan masalah yang berkaitan dengan materi kepada peserta didik. Dan siswa mengamati dan mendengarkan maksud penyampaian guru.
·         Siswa merasa tertantang dan mencoba menyelesaikan masalah yang diberikan guru.
·         Guru membimbing siswa dalam menyelesaikan masalah yang diberikan.
·         Guru mempersilahkan siswa bertanya jika mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah yang diberikan.
·         Dari kegiatan tanya jawab dengan guru, siswa mengumpulkan data yang diperlukan tentang cara menyelesaikan masalah tersebut.
·         Dari data tersebut siswa mengolah informasi, menganalisis data dalam rangka menemukan suatu pola atau jawaban yang di butuhkan dibawah bimbingan guru.
·         Dibawah bimbingan guru, siswa mempresentasikan atau mengomunikasikan hasil dari pembahasannya. 
70 menit
c.       Penutup:
·         Siswa di minta menyimpulkan tentang sistem persamaan linear dua variabel di bawah bimbingan guru.
·         Guru menyatakan pembelajaran selesai, dan akan di lanjutkan hari mendatang.
10    menit



2.      Pertemuan kedua (2jp)      : Menemukan Konsep Sistem Persamaan linear Tiga Variabel
Model pembelajaran          : Problem Based Learning
Pendekatan pembelajaran : Pendekatan Saintifik      

      
 Kegiatan
Alokasi waktu
a.       Pendahuluan:
·      Guru memotivasi peserta didik untuk terlibat aktif dalam pemecahan masalah yang di pilih.
·      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, menjelaskan logistik yang di perlukan.
10    menit
b.      Kegiatan inti:
·         Guru memberikan masalah yang berkaitan dengan materi kepada peserta didik. Dan siswa mengamati dan mendengarkan maksud penyampaian guru.
·         Siswa merasa tertantang dan mencoba menyelesaikan masalah yang diberikan guru.
·         Guru membimbing siswa dalam menyelesaikan masalah yang diberikan.
·         Guru mempersilahkan siswa bertanya jika mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah yang diberikan.
·         Dari kegiatan tanya jawab dengan guru, siswa mengumpulkan data yang diperlukan tentang cara menyelesaikan masalah tersebut.
·         Dari data tersebut siswa mengolah informasi, menganalisis data dalam rangka menemukan suatu pola atau jawaban yang di butuhkan dibawah bimbingan guru.
·         Dibawah bimbingan guru, siswa mempresentasikan atau mengomunikasikan hasil dari pembahasannya. 
70    menit
c.       Penutup:
·         Siswa di minta menyimpulkan tentang sistem persamaan linear tiga variabel di bawah bimbingan guru.
·         Guru menyatakan pembelajaran selesai, dan akan di lanjutkan hari mendatang.
10    menit


3.      Pertemuan ketiga (2jp)        : Penyelesaian Sistem Persamaan Linier
Model pembelajaran           : Problem Based Learning
Metode pembelajaran         : diskusi kelompok,tanya jawab dan presentasi
Pendekatan pembelajaran   : Pendekatan Saintifik

Kegiatan
Alokasi waktu
a.       Pendahuluan:
·      Guru memotivasi peserta didik untuk terlibat aktif dalam pemecahan masalah yang di pilih.
·      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, menjelaskan logistik yang di perlukan.
10    menit
b.      Kegiatan inti:
·         Guru membagi peserta didik kedalam kelompok-kelompok diskusi. Dan menjelaskan aturan mainnya.
·         Guru memberikan masalah yang berkaitan dengan materi kepada setiap kelompok dengan cara acak (tidak dipilih-pilih kelompok mana mendapatkan materi yang mana). Dan siswa mengamati dan mendengarkan maksud penyampaian guru.
·         Siswa dalam kelompok mendiskusikan jawaban dari permasalahan yang diberikan.
·         Guru membimbing kelompok diskusi dalam menyelesaikan masalah yang diberikan.
·         Guru mempersilahkan kelompok bertanya jika mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah yang diberikan.
·         Dari kegiatan tanya jawab dengan guru, setiap kelompok mengumpulkan data yang diperlukan tentang cara menyelesaikan masalah tersebut.
·         Dari data tersebut setiap kelompok mengolah informasi, menganalisis data dalam rangka menemukan suatu pola atau jawaban yang di butuhkan dibawah bimbingan guru.
·         Dibawah bimbingan guru, perwakilan kelompok yang di tunjuk guru mempresentasikan atau mengomunikasikan hasil dari pembahasannya.  
70    menit
c.       Penutup:
·         Siswa di minta menyimpulkan tentang langkah-langkah menyelesaikan sistem persamaan linear di bawah bimbingan guru.
·         Guru memberikan pekerjaan rumah kepada peserta didik sebagai alat pemantapan materi yang telah di bahas.
·         Guru menyatakan pembelajaran selesai, dan akan di lanjutkan hari mendatang.
10 menit


4.      Pertemuan keempat (2jp)    : Penyelesaian Sistem Persamaan Linier
Model pembelajaran           : Problem Based Learning
Metode pembelajaran         : diskusi dan tanya jawab.
Pendekatan pembelajaran   : Pendekatan Saintifik

Kegiatan
Alokasi waktu
a.       Pendahuluan:
·      Guru memotivasi peserta didik untuk terlibat aktif dalam pemecahan masalah yang di pilih.
·      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, menjelaskan logistik yang di perlukan.
10    menit
b.      Kegiatan inti:
·         Guru memberikan masalah yang berkaitan dengan materi kepada siswa. Dan siswa mengamati dan mendengarkan maksud penyampaian guru.
·         Siswa mengerjakan dan mencoba mencari jawaban dari masalah yang diberikan guru.
·         Guru mempersilahkan siswa bertanya jika mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah yang diberikan.
·         Dari kegiatan tanya jawab dengan guru, siswa mengumpulkan data yang diperlukan tentang cara menyelesaikan masalah tersebut.
·         Dari data tersebut siswa mengolah informasi, menganalisis data dalam rangka menemukan suatu pola atau jawaban yang di butuhkan dibawah bimbingan guru.
·         Siswa mengomunikasikan jawaban dari masalah yang diberikan oleh guru dalam kegiatan diskusi kelas di bawah bimbingan guru.
70    menit
c.       Penutup:
·         Guru memberikan tugas kepada peserta didik sebagai alat pemantapan materi yang telah di bahas.
·         Guru menyatakan pembelajaran selesai, dan akan di lanjutkan hari mendatang.
10    menit


1.      Pertemuan kelima  (2jp)                        : Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel
Model pembelajaran                : Problem Based Learning
Metode pembelajaran              : diskusi kelompok,tanya jawab dan presentasi
Pendekatan pembelajaran       : Pendekatan Saintifik



Kegiatan
Alokasi waktu
a.       Pendahuluan:
·      Guru memotivasi peserta didik untuk terlibat aktif dalam pemecahan masalah yang di pilih.
·      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, menjelaskan logistik yang di perlukan.
10    menit
b.      Kegiatan inti:
·         Guru membagi peserta didik kedalam kelompok-kelompok diskusi. Dan menjelaskan aturan mainnya.
·         Guru memberikan masalah yang berkaitan dengan materi kepada setiap kelompok dengan cara acak (tidak dipilih-pilih kelompok mana mendapatkan materi yang mana). Dan siswa mengamati dan mendengarkan maksud penyampaian guru.
·         Siswa dalam kelompok mendiskusikan jawaban dari permasalahan yang diberikan.
·         Guru membimbing kelompok diskusi dalam menyelesaikan masalah yang diberikan.
·         Guru mempersilahkan kelompok bertanya jika mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah yang diberikan.
·         Dari kegiatan tanya jawab dengan guru, setiap kelompok mengumpulkan data yang diperlukan tentang cara menyelesaikan masalah tersebut.
·         Dari data tersebut setiap kelompok mengolah informasi, menganalisis data dalam rangka menemukan suatu pola atau jawaban yang di butuhkan dibawah bimbingan guru.
·         Dibawah bimbingan guru, perwakilan kelompok yang di tunjuk guru mempresentasikan atau mengomunikasikan hasil dari pembahasannya.  
70    menit
c.       Penutup:
·         Siswa di minta menyimpulkan tentang langkah-langkah menyelesaikan sistem persamaan linear di bawah bimbingan guru.
·         Guru memberikan pekerjaan rumah kepada peserta didik sebagai alat pemantapan materi yang telah di bahas.
·         Guru menyatakan pembelajaran selesai, dan akan di lanjutkan hari mendatang.
10 menit


2.      Pertemuan keenam (2jp)           : Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel
Model pembelajaran                : Problem Based Learning
Metode pembelajaran              : diskusi kelompok, dan game
Pendekatan pembelajaran       : Pendekatan Saintifik
               
Kegiatan
Alokasi waktu
a.       Pendahuluan:
·      Guru memotivasi peserta didik untuk terlibat aktif dalam pemecahan masalah yang di pilih.
·      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, menjelaskan logistik yang di perlukan.
10    menit
b.      Kegiatan inti:
·         Guru membagi peserta didik kedalam kelompok-kelompok diskusi. Dan memberikan soal yang sama jumlahnya pada masing-masing kelompok dengan tingkatan yang sama. Dan siswa mengamati dan mendengarkan maksud penyampaian guru.
·         Siswa dalam kelompok mendiskusikan jawaban dari soal yang diberikan.
·         Guru membimbing kelompok diskusi dalam menyelesaikan soal yang diberikan.
·         Guru mempersilahkan kelompok bertanya jika mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah yang diberikan.
·         Dari kegiatan tanya jawab dengan guru, setiap kelompok mengumpulkan data yang diperlukan tentang cara menyelesaikan masalah tersebut.
·         Dari data tersebut setiap kelompok mengolah informasi, menganalisis data dalam rangka menemukan suatu pola atau jawaban yang di butuhkan dibawah bimbingan guru.
·         Dibawah bimbingan guru, setiap perwakilan kelompok yang di tunjuk guru mempresentasikan atau mengomunikasikan hasil dari pembahasannya, dan jika jawabannya benar diberi poin 10, dan jika salah 0 poin, sehingga kelompok yang mendapatkan poin tertinggi mendapatkan nilai tinggi dan apresiasi dari guru.           
70    menit
c.       Penutup:
·         Guru memberikan pekerjaan rumah kepada peserta didik sebagai alat pemantapan materi yang telah di bahas.
·         Guru menyatakan pembelajaran selesai, dan akan di lanjutkan hari mendatang.
10 menit


       F. PENILAIAN
1.      Teknik penilaian    : tes tertulis, dan pengamatan.
1)        Pertemuan pertama
2)        Pertemuan kedua        
3)        Pertemuan ketiga
4)        Pertemuan keempat
5)        Pertemuan kelima
6)        Pertemuan keenam
a.       Tes tertulis
a)      Selesaikan soal pada uji kompetensi 3.3 dalam buku matematika kelas x.
b)      Selesaikan soal pada uji kompetensi 3.4 dalam buku matematika kelas x.
b.      Pengamatan:
Penilaian sikap (lampiran 1).
        G. MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
1.      Media/alat             : papan tulis
2.      Sumber belajar      : buku matematika kelas x, kementrian pendidikan dan kebudayaan 2013.






Lampiran 1
PENILAIAN SIKAP
TEKNIK PENILAIAN DIRI
Satuan Pendidikan
: SMA
Mata Pelajaran       
: Matematika
Kelas/semester
: X
Nama Peserta Didik
: ........................
Petunjuk Pengisian
1. Bacalah indikator sikap dengan seksama
2. Berikan penilaian secara jujur denga memberi tanda ceklis pada kolom disebelahnya dengan skor sbb:
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
      kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
      sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
No
Indikator Sikap
Skor
Skor
1
2
3
4
1
Saya berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu





2
menunjukkan perilaku disiplin dalam proses pembelajaran





3
 menunjukkan rasa ingin tahu dalam proses pembelajaran





4
menunjukkan sikap percaya diri dalam proses pembelajaran





5
menunjukkan sikap santun dalam diskusi atau kegiatan tanya jawab di dalam kelas





6
menunjukkan sikap kritis dan cermat dalam mengerjakan tugas dalam proses pembelajaran.


Jumlah



Rata-Rata


...............................................................
Siswa ybs
..........................................................




REKAPITULASI PENILAIAN SIKAP

TEKNIK  PENILAIAN DIRI


Satuan Pendidikan
: SMA

Mata Pelajaran       
: Matematika

Kelas/semester
: X


No
N a m a peserta didik
Religius
Skor
Total Skor
Nilai  Skala 4
Indikator
Indikator Sikap Sosial
Berdoa
disiplin
Rasa ingin tahu
Percaya diri
Sikap santun
Kritis dan cermat
1








2








3








4








5








...









..., ......................, 20..

Guru Mapel



------------------------------------


 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar